Kamis, 13 September 2007

Teknologi terbaru 3


CeBIT 2005



Sebuah tradisi pagelaran teknologi terbaru, yang berlangsung pada tanggal 10 - 16 Maret 2005 yang lalu. Trend teknologi terbaru apa saja yang akan kita dapatkan di tahun ini?
Bertempat di Hannover, Jerman. CeBIT bisa dikatakan menjadi sebuah pagelaran teknologi penting, yang dapat menentukan perkembangan teknologi di seluruh dunia.
Karena itu pada kesempatan ini kami akan mencoba memberikan sekilas teknologi yang dipamerkan pada tahun ini. Tentunya yang masih berhubungan dengan PC, sesuai dengan konteks majalah PC Media.
Dan sedikit banyak, berkaca dari pengalaman dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi yang dipamerkan pada CeBIT sebagian besar akan mempengaruhi perkembangan teknologi di sepanjang tahun 2005 ini. Apa saja itu?
Tentang CeBITCeBIT adalah akronim untuk CEntrum Büro Information Telekommunikation dalam bahasa Jerman, atau dalam bahasa Inggris Center for Office and Information Technology. Tidak kurang dari 6.270 exhibitor mengikuti kegiatan tahun ini. Digelar pada area dengan luas total hingga 309.000 meter persegi.
Awalnya, CeBIT adalah sebagian dari sebuah pameran tahunan besar, yaitu Honnover Fair. Dan oleh pihak penyelenggaranya, Deutsche Messe AG, dimulai pada tahun 1986 CeBIT menjadi event terpisah dari Hannover Fair.
Kegiatan tahunan yang terus diselenggarakan pada bulan Maret setiap tahunnya ini telah menjadi barometer tersendiri untuk perkembangan IT di dunia. Maka mulai tahun 1999, CeBIT juga diadakan di berbagai belahan dunia, di lain negara selain Jerman.
Beberapa tempat yang juga menggelar CeBIT adalah: Istanbul, Turkey (CeBIT Bilisim Eurasia plus CeBIT Broadcast Cable and Satellite); Shanghai, China (CeBIT Asia), Sydney, Australia (CeBIT Australia); dan di kota New York, Amerika Serikat (CeBIT America).
Namun, untuk tahun 2005 ini CeBIT agaknya akan berkurang satu penyelenggara. Dengan tidak diselenggarakannya CeBIT America yang sedianya merupakan CeBit ketiga di benua yang bersangkutan.
ProcessorTidak banyak berita perkembangan baru untuk processor. Baik dari pihak AMD maupun pihak Intel. Keduanya masih menyesuaikan jadwal roadmap yang dimiliki masing-masing. Sekaligus menunggu langkah pemasaran antara kedua pesaing tersebut.
Demikian juga yang terjadi untuk segmentasi processor desktop dari AMD. Sedangkan roadmap peluncuran processor dengan teknologi dual-core, generasi Toledo dari AMD, baru akan diluncurkan pada semester kedua tahun ini. Untuk kompatibilitas, dijanjikan bahwa kebanyakan motherboard yang sudah mendukung penggunaan ZIF socket 939, akan kompatibel dengan processor generasi Toledo.
Intel juga belum memberikan update seputar processor desktop, yang konon akan disebut sebagai Pentium D. Juga dengan dual-core chip. Namun sedikit perbedaan untuk masalah kompatibilitas dengan motherboard yang sekarang ada. Meskipun processor baru tersebuttetap akan menggunakan socket LGA 775, namun ada kemungkinan tidak semua chipset dapat bekerja sama secara optimal dengan Pentium D ini.
Sedangkan untuk segmentasi processor mobile, ada update jajaran produk baru dari AMD. Processor Turion 64 Mobile, dari AMD yang dibuat dengan teknologi Athlon 64. Tentunya lebih irit energi, ketimbang generasi sebelumnya. Disebut AMD sebagai teknologi PowerNow! Tentunya dengan menyesuaikan kecepatan clock yang dihasilkan. Rencananya processor mobile generasi ini tidak akan dipromosikan secara besar-besaran. Dibandingkan dengan pesaingnya dari Intel, Centrino. Namun harga yang ditawarkan Turion 64, akan sedikit lebih murah dibandingkan Pentium M. Tapi lebih mahal jika dibandingkan Mobile Athlon 64.
Beberapa produsen yang sudah memproduksi notebook dengan processor Turion 64 Mobile ini antara lain Acer, Asus, MSI

Tidak ada komentar: