Jumat, 21 September 2007

Suatu sistem informasi pada terminal pembayaran elektronik

Suatu sistem terminal pembayaran elektronik


Suatu sistem terminal pembayaran elektronik membaca informasi yang ada dalam pita magnetik sebuah kartu kredit.
Membayar dengan plastik
Dengan teknologi informasi, orang tidak perlu uang tunai untuk belanja. Sebagai gantinya mereka dapat menggunakan kartu plastik.
Kartu kredit dilengkapi jalur magnetik yang nyaris mirip selembar pita kaset. Di toko, sebuah komputer dapat membaca rincian yang terekam di lajur ini. Komputer dapat me-ngecek databasenya apakah kartu itu telah kadaluwarsa (tidak berlaku), dicuri, atau apa-kah pelanggan itu masih mempunyai cukup uang di rekening banknya. Jika segalanya beres, pelanggan dapat membawa barang yang dibelinya. Kom-puter mengirim data tentang tagihan itu kepada perusahaan kartu kredit itu. Pelang-gan itu membayar kepada perusahaan di akhir bulan.
Kartu debit agak serupa dengan kartu kredit, kecuali bahwa komputer di toko itu akan meminta tagihan itu dipotong langsung dari rekening bank Anda. Anda membayar sekarang, bukan nanti (akhir bulan).
Kartu bayar dimuka telah dibayar sebelum digunakan. Kartu telepon adalah jenis kartu ini. Anda membeli kartu itu dan meng-gunakannya sebagai ganti uang ketika Anda menelepon lewat telepon umum.
Setiap kali digunakan, komputer kecil dalam kotak telepon itu mengganti nomor pada jalur magnetik dalam kartu itu. Jika seluruh `waktu terbayar' telah habis, kartu tidak dapat dipakai lagi.
Kartu pintar adalah kartu plastik dengan sebuah keping elektronik yang ditanam di dalamnya. Kartu ini dapat menyimpan informasi sebanyak yang dapat disimpan oleh komputer kecil. Kartu ini juga dapat digunakan sebagai kartu kredit, kartu debit, atau kartu bayar dimuka.
Kartu ini bahkan dapat menyimpan catatan medis kalau dianggap perlu. Semua bergantung kepada apa yang diperintahkan komputer untuk dikerjakan oleh kartu ini.
Berbelanja di rumah dengan teknologi informasi
Banyak orang tidak suka berbelanja. Mereka lebih suka tinggal di rumah dan me-mesan barang melalui katalog. Kini dengan teknologi informasi, mereka dapat berbelanja dari depan televisi.
Sebuah komputer khusus menyambung-kan televisi ke telepon. Daftar barang muncul di layar, persis seperti data teleteks. Pelanggan memakai komputer untuk memilah barang yang diinginkannya. Mereka membayarnya dengan menuliskan nomor kartu kreditnya.

Tidak ada komentar: