Sabtu, 03 November 2007

HCI-5


Pada awalnya pengembangan komputer lebih difokuskan pada peningkatan kemampuan dan kecanggihan peralatan komputer, sedangkan dari aspek manusia sebagai user kurang diperhatikan. Hal-hal sederhana seperti kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakan komputer jarang diperhatikan.Pada kenyataan sebenarnya, faktor brainware sangat mempengaruhi kinerja sistem komputer itu sendiri. Apabila suatu teknologi lebih mudah dimengerti oleh user maka user dapat menggunakan teknologi itu dengan maksimal. Oleh karena itu, faktor interaksi manusia–komputer pun menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan.Pada kondisi dewasa ini, IMK mulai mendapatkan perhatian dari para perancang sistem. Aspek hubungan manusia-komputer mulai dipandang sebagai aspek penting. IMK mulai berkembang setelah PD II. Mula-mula ilmu yang berkaitan adalah biomekanik, antropometri, penelitian mengenai penglihatan, kemudian bergeser ke arah prinsip-prinsip pengembangan representasi informasi.Dalam perkembangan bidang-bidang kegiatan lain yang berhubungan dengan kajian IMK adalah:Ilmu komputer sebagai kerangka dasarnya.Psikologi menyangkut tingkah laku, persepsi, dan pemrosesan kognitif userErgonomi (human aspect), melihat aspek-aspek titik kenyamanan user sewaktu menggunakan sistem.Kebebasan melihat komunikasi antara user-sistem.Sosiologi, meminjam dampak sistem manusia-mesin pada sistem kemasyarakatan.Antropologi, mengamati interaksi sekelompok manusia dengan mesin.Desain grafis, mengikuti tuntutan user yang semakin lebih suka menggunakan grafis sebagai antarmuka dengan mesin.Faktor-faktor penting dalam interaksi manusia-komputer antara lain:Kinerja manusiaDalam hal ini mmenyangkut karakteristik dasar manusia dan keterbatasannya seperti fleksibilitas, ketrampilan, kesalahan, kecepatan, dll. Beberapa aspek khusus tentang ini adalah pemilihan (seperti memodelkan pengguna), pelatihan (misalnya dalam pengambilan keputusan), user support (seperti problem solving).Kinerja sistem komputerKarakteristik dasar dan keterbatasan sistem dengan memandang aspek khusus berkaitan dengan IMK seperti fasilitas bahasa, waktu respon sistem, sekuritas.Antarmuka perangkat kerasDisplay, kontrol, terminal, aplikasi ergonomi untuk desain workstation yang baik, kebutuhan manusia dan peralatan-peralatan baru.Antarmuka perangkat lunakMedia komunikasi non-perangkat keras, aspek IMK dari sistem linguistik dan bahasa, organisasi informasi.LingkunganFisik: ruang workstation dan layout-nya, pencahayaan, suara, dsb. Psikologikal: pengaruh kelompok kerja, struktur pekerjaan (seperti shift kerja), struktur sistem (open / closed, rigid / flexible, dsb), keadaan sosial dan desain organisasi.Aplikasi spesifikPengguna spesialis, bisnis, naif, sistem publik.Problem spesialPengaruh IMK pada desain pekerjaan dan organisasi, serta masyarakat, privasi informaasi personal, kasus-kasus khusus, dokumentasi dan bantuan-bantuan lain, dsb.Pengembangan suatu sistem komputer harus dapat melakukan komunikasi yang nyaman dan mudah. Kendala yang sering terjadi disebabkan perilaku user yang tidak dapat dipastikan. Beberapa karakteristik manusia yang mempengaruhi interaksi manusia dengan sistem komputer, yaitu:Operasi Dedicated / casual (apakah operasi yang dihadapi itu terus menerus atau bersifat satu kali penggunaan) jenis pekerjaanMampu / tidak mampu melakukan pemrogramanMemiliki daya intelegensia tinggi / kurangTerlatih / tidak terlatihAktif / pasif (aktif maksudnya memulai interaktif, berinisiatif)Lingkungan pekerjaan bertekanan atau tidak bertekanan (underpressure / dead line atau tanpa tenggat waktu)Perbedaan usia yang mempengaruhi perbedaan pengalaman, pengetahuan, kemampuan belajar dan adaptasi, kemampuan fisikPerbedaan personalitas penggunaTeknik-teknik yang dapat digunakan dalam perancangan user interface agar lebih efektif, antara lain:MenuPengisian formulirBahasa perintahBahasa alamiManipulasi langsungDalam memilih teknik apa yang akan digunakan perlu diperhatikan faktor-faktor berikut :Siapa pemakai sistemBanyaknya aplikasi yang diterapkan pada komputer yang samaKomunikasi dalam jaringanKerumitan pekerjaan sistemPanjang operasiUrutan operasiAkurasiSumber masukanFaktor-faktor lain seperti: harga, hardware, kerumitan implementasi, dll.Dalam konteks interaksi, ada aturan yang dikenal dengan nama ‘7 Golden Rules’, yaitu:KonsistensiKeharmonisan kombinasi dengan ekspresi yang singkat tapi powerfull, misalnya:singkatan perintahmacro-commandcut & pasteundo-redonilai standar (default)Mengurangi beban kognitifInteraksi yang dikendalikan userFleksibelDialog terstrukturError Handling

Tidak ada komentar: